Thursday, June 12, 2008

Too Short Time for Many Things


Waktu mau mulai ujian BudNus UTS kemarin, gw papasan sama Arissa, trus dia bilang “Waa, aku belum siaap!! Kenapa waktunya selalu ngga cukup..?!” Gw cuman bengong... Kenapa waktunya selalu ngga cukup (buat belajar)? Untuk gw pribadi sih udah tau jawabannya : belajarnya baru H-1 malam. Mungkin untuk Arissa juga gitu, mungkin untuk orang lain juga gitu. Kenapa selalu terburu2? Padahal bisa santai kalo dicicil dari jauh-jauh hari. Gw ga percaya sama alasan kalo belum mepet belum bisa belajar (meskipun gw sering mengatakan begitu), sebenernya kita bisa tapi males... Buktinya orang semales Ilam bisa mulai latihan soal SPMB 1 bulan sebelumnya karena pengen banget jadi mahasiswa UI. Kita ngga ngomong niat, karena pasti semua orang punya niat baik untuk diri sendiri. Jadi integritaslah yang penting.

Coba kalo gw bisa belajar sebelum tatap muka dengan dosen di kelas, coba kalo gw udah nyicil jauh2 hari sebelumnya, masa-masa ujian udah kayak latihan soal. Mungkin ini makna lain falsafah orang Jawa : “Alon-alon waton klakon” yang diartikan biar lambat asal selamat. Ya lambat karena udah dicicil dari jauh2 hari, ya selamat karena pada waktu mulainya udah siap.


1 comment:

Anonymous said...

SERBA SERBI UJIAN IKAN KERING

1. DOSEN CHARMING
dosen ekonomi internasional gw charming. orangnya rapi(bajunya bagus2), kayanya soleh, kalo nerangin suka pake laptop vaio item, keren deh, sayang udah punya istri-anaknya tiga(tapi bukan itu pointnya,he3). beliau kalau nerangin lengkap banget, dari a mpe zet dah. materinya sesuai ama sap, trus keliatan banget kalo sebelum ngajar beliau belajar dan mengUpgrade diri terlebih dahulu. gw jadi semangat belajar(kalo masalah knp gw tetep ga ngerti2 itu mah problem otak).
Nah, pas uts kemaren, karena diteranginnya udah 'high' banget, ekspektasi kita terhadap soal juga jadi 'high'...eh pas hari-H ternyata soal yang keluar justru 99,999% sama kayak kisi2 yang beredar..(trus masih lebih susah and 'high' materi yang diajarin Pak Dosen Charming).
Uuuuh, seneng sih, tapi....
---------------------------------

2. HIDUP INI KEJAM
gw termasuk anak yang suka motokopi catetan temen, materi dosen, dan tentu saja kisi-kisi. hihi. tapi, biasanya sih kalo bisa minjem temen(pakenya bareng2) sebisa mungkin gw minjem aja, gak perlu motokopi soalnya :
- gw anaknya irit(yah ok, agak pelit)
- kamar gw sudah cukup berantakan tanpa tambahan potokopian yg berserakan
- kayak isu global warming tidak cukup happening aja??
- males ke potokopian...sumpek
- yg gw potokopi belom tentu gw baca
- kalopun gw baca, belum tentu keluar di ujian,he3...

Nah, pas suatu malem uts kemaren gw punya bahan yang ga dipunya temen kosan gw, trus temen kosan gw pinjem gitu buat dipotokopi. gw bilang,"ga usah dipotokopi, bareng2 aja! atau ngga nih buat lu aja." Tapi, temen gw keukeuh buat motokopi.
"Hidup ini kejam, Ge!" gitu katanya.
Ada-ada aja!
----------------------------------