Thursday, June 26, 2008

Yang Ini Rasanya Sayang Dilewatkan

Waktu-waktu masih rame demo penolakan kenaikan BBM dulu, ada perbincangan antara gw sama Riri. Gw yang menganggap diri sebagai calon orang pemerintahan dan sudah mendapat informasi versi pemerintah secara sadar maupun tidak akan condong ke pemerintah. Sedangkan Riri, meskipun punya posisi yang hampir sama, tapi dia juga aktif di pers mahasiswa yang memang kritis.

Mengikuti kata2 orang yang lebih tua dan lebih pintar, gw beranggapan kenaikan BBM emang harus terjadi karena anggaran yang harus ditombokin bikin nyengir kecut. Jadi demo2 itu ya sia-sia, malah ga guna, malu-maluin mahasiswa aja samper ribut2 segala.

Riri punya pandangan berbeda. Dia bilang rakyat ngga mau tahu apa yang jadi masalah pemerintah karena itulah tugas pemerintah, sedangkan mahasiswa yang berdemo itu, biarpun ngga berguna, itulah yang membuat rakyat merasa dibela. Karena udah ngga ada lagi yang ngebela.

Gw yang memang jarang memijak di tanah kering yang keras, manggut-manggut aja dan speechless (*oke, gw emang sering banget speechless, kalah debat mulu. Puas?! Puas?! xP). Bener kata Riri, bener juga kata gw. Hanya berbeda darimana memandang. Dan waow Ri! Ilam masih sering harus meriksa rasa kemanusiaan dan masih tercengang-cengang aja sama lompatan pikiran Ri. Manusia kreatif jenis kritis.

Membuat rakyat merasa dibela menurut gw gagasan yang... apa ya? Aneh, unik. Saat kehidupan begitu pragmatis dan hedonis begini masih aja ada yang mikirin membesarkan hati orang lain yang ngga dikenalnya, dan bahkan ngga “memberi apa-apa” padanya.

Solidaritas. Biarpun mungkin sebenarnya yang berteriak itu sedang membela orang tuanya yang semakin susah saja, atau yang merasa harus mengurangi kunjungan ke pesta kesenangannya, tapi yang penting solidaritas itu masih ada untuk orang yang tidak bisa berbuat apa-apa.

Rakyat miskin kita bayak, tapi ngga bisa berbuat apa-apa, bahkan untuk dirinya sendiri.


*yang eneg adalah politisi2 yang manfaatin momen ini buat jelek2in pemerintah sekarang dan mengangkat dirinya sendiri.


-24/06/08-

1 comment:

Gabriella Alodia said...

ah pusing. gw blm siap jd mahasiswa.