Thursday, June 19, 2008

HAPPINESS, Pameran tunggal Irwan Ahmett. Asik-asik nikmatin seni

Hari Jumat 13 Juni gw sama Amy ke RURU (Ruang Rupa) Gallery di Tebet. Pengennya kita ngeliat pamerannya Irwan Ahmett yang judulnya HAPPINESS. Kita tu nyampe jam 6 sore, sayang beth, padahal waktu pembukaannya jam 5 ada cuap-cuapnya Mas Iwang. Kan lumayan bisa dapet ilmu, ato paling ngga ngutip kalimatnya buat ngemeng2, hehe...

RURU Gallery tuh bentuknya rumah biasa yang disunglap jadi tempat pameran, makanya agak susah nyarinya waktu itu. Di depannya gw liat udah ada orang lumayan rame, sekitar 25an orang gitu. Maklum, halamannya gak luas2 amat, jadi 20an orang udah keliatan penuh. Mereka keliatan pada saling mengenal, jadi bikin gw sama Amy ngerasa ‘asing,’ kayaknya sih para pekerja seni atau mahasiswa seni, soalnya ya... gitu deh (lo juga bisa nebak kalo suatu kelompok itu anak gaul hanya dengan ngeliatnya kan...?).

Emang kayaknya yang agak kurang dipameran ini ruangannya yang ga gede! Tapi karena otak gw udah di set untuk HAPPY karena sedang menghadiri pameran yang judulnya HAPPINESS, semuanya jadi ga masalah. ^o^

Di dalemnya ada macem2 instalasi dan art work yang kalo gw sotoy si ngepop dan urban style begitu. Ada foto2 kebahagiaan orang yang ber’tapi’ (punya konsekuensi/belum terlaksana); HAPPINESS BOX, kotak karton unik; Quote2 orang terkenal; Brainstorming tentang kebahagiaan; Mad Paper (Kertas curahan kekesalan); Tong RUR (Recharge Ur Relationship); Pray Area; dan lain2 yang sulit dideskripsikan, hehe... Dan banyak yang bisa dicoba dari yang dipamerin itu.

Menurut gw pameran itu... OKRE! Alias Oke dan KREatif, halah-halah apasih. Mmm,, belom banyak orang yang mengeksplorasi kebahagiaan dalam karya kreatif, dan ternyata ketika ketika kreativitas, imajinasi, dan kebahagiaan disajikan bersama hasilnya ngga cuma enak dipandang, tapi juga bikin senang, bikin pengen idup bahagia selamanya kayak Cinderella.

Karya favorit gw... 1. Braistorming kebahagiaan! Karena punya banyak informasi dan kata2 yang menarik. Tapi yang teryahud adalah sentuh duitnya. Jadi ada tulisan di tembok kira2 gini: “sentuhlah, maka kamu akan lebih bahagia” dan panahnya itu menunjuk ke bawah tembok yang dicelahnya diselipin duit seribuan! Hak3! Mana bisa gw bahagia cuma karena nyentuh seribuan, tapi gw bisa bahagia ngebayangin lucunya usaha ngebuat orang bahagia dengan ketidakmungkinan bahagianya nyentuh serebu, hak3x!! udah itu duitnya dikasih cap warna merah lagi, kayaknya tulisannya “specimen” atau apaa gitu...

2. Quotenya si Dhani yang menasihati jangan punya istri terkenal (hihi...) sama quotenya Cinta Laura. Gw lupa apa katanya Cinta, yang lucu bahasanya itu englindonesia, khas sekali sodara-sodara!!!

Dan yang ke-3. Tong RUR. Ngobrol berdua di dalem tong seru kali yaaa...

Seperti dalam pameran lain, pengunjung bisa ngisi testi. Testi disini pake papan yang ditempel di tembok. Asik lhoo... beda!

Ada yang bikin malu juga waktu di pameran itu, ceritanya abis makan gw pengen buang piring styrofoamnya... karena kebingungan nyari tempat sampah (ngga buang sampah sembarangan, change yourself), gw bertanyalah sama salah satu panitia (panitia disono pake kaos oblong putih dengan tulisan Irwan Ahmett), “Mas-mas, tempat sampahnya dimana ya?” Mas-mas yang tersenyum waktu gw ajak ngobrol itu jadi kebingungan nyari tempat sampah, akhirnya dia ngasih kardus bekas Aqua. “Disini aja.” Gw bales “Tengkyu..” trus pergi. Abis itu gw ngerasa ada yang ngga beres. Apa ya? Ternyata mas-mas panitia itu adalah Irwan Ahmett!! Padahal potonya udah ada dimana2! Anjiirr!! Malu gw! Pasti dia juga keki, bayangin aja dipameran tunggal lo dan sebelumnya nama lo udah dikenal banyak orang, tampang lo udah masuk TV karena bikin proyek inspiratif, lo gak dikenal sama anak gak tau diri yang ngomong sama lo cuma buat nanyain tempat sampah! AaahhHH!! Harusnya gw bertanya hal yang lebih berbobot! Kayak :”Mas Iwang, Change Yourselfnya inspiratif banget. Sekarang apa proyek selanjutnya?” ato “Apa sih mas inspirasinya yang ngebuat Mas Iwang ngambil tema kebahagiaan disaat orang2 fokus pada ketimpangan?” ato yang paling dangkal, setelah diambilin tempat sampahnya gw nanya: “Mas, adakah kebahagiaan nyariin orang tempat sampah ditengah pameran kebahagiaannya Mas?”

AaarrGGHH!! Mas Iwang, maafin saya ya... Biarpun situ kemungkinan kecil baca tulisan ini, tapi saya pengen banget minta maaf lewat tulisan ini...

Akhirnya, setelah kesenagan, kelucuan, dan kemaluan (baca : melakukan hal memalukan) yang terjadi, saya menyimpulkan kalo pameran ini Out of The Box pada saat ini, kreatif secara tema. Semoga pameran di RURU dan dari Irwan Ahmett bisa terus ada dan ‘mengejutkan.’

-iLam 14/06/08-

Keterangan :

1. Irwan Ahmett (Iwang) si seniman yang berprofesi sebagai Desainer Grafis Profesional. Penggagas proyek Change Yourself (2005-2007). Menurut data di booklet, udah pernah pameran beberapa kali di Indonesia dan sekali di Singapura. Pernah juga jadi peserta pameran sekaligus pembicara diskusi di “Festival Tanda Kota” Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

2. Change Yourself (2005-2007) adalah kampanye untuk mengubah diri kearah yang lebih baik. Waktu gw SMA gaungnya kerasa, soalnya ada iklannya di MTV yang jadi tontonan favorit anak SMA. Selain di MTV juga berkampanye lewat presentasi, acara radio sendiri, merchandise, dll. Situsnya www.chagneyourself.info.

3.Ruang Rupa adalah organisasi nirlaba yang didirikan oleh sekelompok seniman untuk mendorong kemajuan gagasan seni rupa dalam konteks urban dan lingkup luas kebudayaan melalui pameran, festival, laboratorium seni rupa, workshop, penelitian, dan penerbitan jurnal.

Programnya workshop, pameran, dan Jakarta 32oC (pameran dua tahunan karya visual mahasiswa Jakarta).

Alamatnya Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 6, Jakarta Selatan, 12820. Telepon 021 8304220, email info@ruangrupa.org, www.ruangrupa.org.

4. Pameran HAPPINESS berlangsung dari 14 - 28 Juni 2008 pukul 11.00 – 21.00.

Hal Menarik Dari Sana :

- 93.000.000 hasil yang didapat ketika kita mengetikkan kata happiness di Google.

- Orang miskin menganggap kebahagiaan adalah KEKAYAAN

Orang lapar menganggap kebahagiaan adalah KENYANG

Orang melarat menganggap kebahagiaan adalah KEKUASAAN

Orang biasa menganggap kebahagiaan adalah POPULARITAS

Sumber : Pengalaman pribadi dan booklet pameran HAPPINESS.

5 comments:

Gabriella Alodia said...

hahahahah. DODOL LO!

Anonymous said...

dasar camen.
slapstik.

HELOGUNO said...

ikutan bikin karya dong.. buat jakarta 32'c
paling lambat tanggal 8 juli..

lalu sering2 main kruru dong.. biar kita bisa saling knal.. hhe..

oya.. tanggal 4 juli ada pembukaan pameran lagi..
pameran tunggal jablay "artcoholic"
dateng yak..

tulisannya bagus..

thx,

cheers!

Irwan Ahmett said...

Salam kenal...
oh ya gw masihg inget ada seseorang yang meminta tempat sampah untuk buang piring kotor...dan akhirnya karena gw sendiri gak tau dimana tu tempat sampah...gw kasih dus aqua bekas aja...yang penting dipisahkan dari yang bersih : )
thanks banget ya tulisannya...wah apresiasinya bagus!
kalo ada yang mau ditanyakan...ya sok aja!
asal jangan nanya: "...mas maaf wc nya dimana?"


irwan ahmett

Gabriella Alodia said...

huahahaha! ini tooooh maksut loo. gubrak preet.