Monday, December 17, 2012

Bahasan Lajang Usia 20an, Apalagi Kalo Bukan Nikah!

Banyak temen gw yang jomblonya seumur hidup, tapi giliran dapet pacar, pacaran sebentar langsung nikah. Gw cuma ber-wow aja. Dan geli2 lucu kalo udah mulai nyerempet2 ngomongin yang-itu-tuuh... Haha, ga pernah sentuhan, tau2 pengalamannya langsung tingkat dewa. Itulah indah pada waktunya, gw rasa. Banyak juga yang pacaran mulu, ada yang sebentar ada yang lama, tapi ga nikah2. Apa saking seringnya jadi terlalu ahli pacaran? Takut keluar zona nyaman? Hehe

Bicara pernikahan semakin krusial ketika usia bertambah. Di saat teman sebaya sudah banyak mengakhiri status lajang, single fighter mulai ketar-ketir ketika ditanya kapan nikah. Gimana engga, karena TIAP KETEMU ORANG DITANYA GITU MULU. Ini bukan curhat gw, sih.

Buat cowok, nikah itu pilihan. Kapan cewek mau milih dia, ya jadi. Hahak! Bukan gitu ding, menurut gw, buat seorang cowok, ketika usia bertambah, karir mendaki, bisalah dia punya banyak pilihan. Tapi buat wanita, ketika dalam kondisi tersebut, pilihannya malah jadi semakin sedikit. Yang sejajar levelnya udah pada nikah, paling top duda. Yang di bawah keburu minder duluan.

Semakin ke sini, semakin tua usia menikahnya. Gampangnya, ambil aja tiga generasi keluarga kita. Nenek nikah usia belasan (14 - 16) tahun, ibu 20-an awal, nah kita 25 taun juga masi ga siap dengan pernikahan.

Menurut gw (lagi), menikah itu emang sulit untuk siap. Apa yang harus disiapin? Harta? Kayaknya susah usia 20an udah siap rumah & kendaraan pribadi, plus karier mapan, gaji besar/pengusaha sukses, hidup di kota. Mungkin kalo ortu kaya raya. Hati? Ego?

Kata orang, sih, menikah itu kayak membangun rumah. Mesti dimulai. Seiring berjalannya waktu kita tempatin tu rumah sambil dilengkapin isinya.

Menikah itu, tanggung jawab. Mana ada ya orang suka rela ambil tanggung jawab yang bisa dia hindari. Nah, itulah bedanya orang yang berani nikah sama yang engga. Berani bertanggung jawab.

Ada yang bilang orang nikah itu karena takut. Takut hidup sendiri, takut ga ada yang ngurusin, dan takut lainnya. Apa gw membantah itu? Enggak. Itu alamiah. Dan tapi mereka ngga nyadar mereka ada karena orang tua mereka berkomitmen dalam pernikahan, bahwa ilmu, kesehatan, kesenangan, dan kemampuan berpikir kritis mereka itu difasilitasi orang yang menikah. Apakah ketakutan akan sendiri mampu menciptakan rasa cinta dan rela berkorban segitunya?

So, buat cowok2, jangan tega2 kelamaan ngasih harapan kebahagiaan ke anak orang, wujudkanlah itu.
Buat cewek2, jangan mau dikasih harapan palsu. Sayang pipi diciumin abis itu ditinggalin. Lah kalo cuma pipi, kalo yang lain? #ngacirrr

No comments: