Thursday, December 13, 2012

12 - 12 - 12 sekarang 14 - 12 - 12

14 Desember, sekarang. Yang lalu kita heboh dengan ramalan kiamat 12-12-12. Terbuktikah? Tidak.
Dasarnya adalah kalender Suku Maya yang habis di tanggal 12-12-12 kalender masehi. Buat info, Suku Maya itu punya banyak jenis kalender dengan periode yang bermacam2. Gampangnya diasosiasikan dengan kalender masehi yang punya hitungan hari, minggu, bulan, dan tahun. Nah pas kebetulan aja salah satu kalendernya yang berperiode ribuan tahun berakhir di tahun 2012 masehi ini. (soal jenis, nama, periode, dll kalender Suku Maya, silahkan googling aje ye..)

Dari sini aja udah salah kaprah. Kalo ternyata ada kalender yg lebih lama lagi, lalu gimana validitas kalender ini? Lagian itu cuma kalender thok. Ga ada analisis akan terjadi ini itu bla bla bla. Cuma orang iseng aja yang nambah2in analisis akan terjadinya badai matahari, tabrakan planet, dll. Sekarang kemana tu narasumber dan media yang gembar-gemborin?

Ingatkah tahun 2000 lalu kita juga digosipkan bakal kiamat? Tahukah tahun2 sebelumnya udah ada berita akan adanya kiamat? Namun ngga ada yang terbukti. Untuk tahun 2000 kalo ngga kiamat, juga digosipkan akan terjadi kekacauan sistem komputer karena sistem penanggalan beralih dari 19xx menjadi 20xx. Yang lebih ekstrim, ane lupa tahunnya, satu sekte bunuh diri massal menghadapi kiamat.

Harusnya kita menyadari satu hal. Ada perbedaan mendasar disini. Kiamat itu ciptaan Tuhan. Sedangkan kalender itu ciptaan manusia. Jadi lucu kan sesuatu yang bertepatan dengan ciptaan dari ciptaan disamakan dengan ciptaan Pencipta.

Manusia hanya dikasih tanda-tanda, tapi ga pernah tau kapan kiamat terjadi.

Apa yang kau takutkan? Kiamat atau kematiannya?
Apa yang kau takutkan dari kematian? Tidak bisa bersenang2? Tapi saat mati, jangankan kesenangan, jiwa aja ngga kau punya, gimana bisa merasa?
Apa karena takut akhirat? Orang takut biasanya karena belum siap.

Oalah, gw sampe nulis post duabelas ini, jijay juga. Hahah.

No comments: