Friday, July 11, 2008

Oh Lalu Lintas Kita, Lalu Lintas Jakarta

Sebagai seorang penglaju pengendara motor, gw sering mendapati berbagai hal yang sangat biasa terjadi, padahal sebenernya salah. Ni iseng2 bikin soal yang jawabanya didapet dari kata2 orang laen sama dari pengamatan gw...

Jawablah soal – soal berikut dengan tepat dan singkat! Segala ketidakjujuran dalam pengerjaan soal akan ditindak tegas dengan nilai E!

1. Apa fungsi memakai helm?

Biar gak ditilang

* biasanya dipake di jalan2 raya yang biasa polisi siaga. Padahal helm berguna banget buat meminimalisir cedera di kepala kalo kecelakaan, malah bisa nyelametin nyawa!

2. Apa arti lampu lalu lintas yang berwarna kuning?

Tancap gas sebelum merah

* ini nih kebiasaan tiap lampu merah! Terutama motor yang lebih gesit dari mobil. Selalu aja masih ada yang nyerobot biarpun udah merah lampunya.

3. Mengapa setiap pengendara kendaraan bermotor harus memiliki SIM?

Biar aman pas razia

* pantas enggaknya seseorang berkendara ngga bisa dilihat dari punya/nggaknya SIM. Karena bikin SIM udah jadi obyekan oknum2. Jadi, bagaimanapun kemampuan lo, kalo mau nyogok ato punya koneksi ya jadilah itu SIM.

4. Apa fungsi trotoar?

Jalan alternatif

* pengendara (lagi2 kebanyakan motor) yang ngga sabaran ato buru2’ demen bener nih ngubah fungsi trotoar yang harusnya buat pejalan kaki jadi pelebaran jalan kendaraan bermotor. Dan selalu yang jalan kaki yang ngalah. Malah ada gw pernah liat orang yang lebih suka lewat trotoar padahal jalan rayanya sepi. Weleh2...

Dari pengamatan gw berkendara juga sering ditemui kendaraan yang ngga nyalain lampu. Padahal selain buat nerangin jalan si pengendara, lampu juga biar orang lain tahu ada pengendara lain yang kelihatan dari lampunya. Tapi ada juga yang udah make lampu malah ngerepotin... yaitu pengendara yang make lampu halogen. Busyet! Itu bikin buta aja, ga bisa ngeliat apa2 selain lampunya. Terutama mobil ni yang kayak gini, apalagi mobil itu sorot lampunya tinggi, langsung ke mata dah!

Trus ada juga kendaraan yang suka ngelawan arus, angkot2 yang doyan ngetem ngalangin jalan, dua kendaraan yang berjejer ngalangin orang lewat cuman buat ngobrol, telepon dan smsan sambil berkendara (buat gw kalo begini sambil naek motor itu ekstrim banget), suara knalpot yang bikin sakit kuping, ugal-ugalan, dll.

Mungkin ngga sih karakter suatu bangsa dan kebijakan pemerintahnya bisa dilihat dari keadaan lalu lintasnya? Kalo gitu, rakyat kecil ngga cuma dirugikan oleh setiap salah kaprah kebijakan pemerintah dan golongan2 berkuasa lainnya (seperti diteriakkan dalam setiap demonstrasi), tapi juga menjadi tokoh yang merugikan dirinya sendiri dan bangsanya. Coba lihat di jalan, ngga yang kelas atas ataupun kelas bawah, semuanya sama : mau menang sendiri! Pada ga mau ikut aturan. YES!

Dari segala macam pelanggaran lalu lintas, pengendara motorlah yang juara. Kenapa? Karena mobilitasnya lebih tinggi, lebih ramping daripada mobil, dan lebih gesit. Jadi bukan cuma karena pengendaranya, soalnya siapa aja bisa tergoda ngelanggar kalo naek motor. Dan gw sendiripun masih menyentuh arus pelanggaran lalu lintas, xP!

No comments: