Friday, February 26, 2010

Idealisme kayak tahi kucing. Tahu kenapa gw bilang gitu? Kalo lo nginjek tu tahi kucing pake sepatu kesayangan lo, terus udah lo cuci itu kotoran. Sumpah, baunya ga bakal ilang dari sol karetnya sampe tiga hari. Sama kayak idealisme, sekali lo belajar menjadi idealis, perasaannya ga bakal ilang biarpun tindakannya udah ga lo lakukan. Tahi kucing itu bau tahi kucing. Baik atau buruk? Tergantung apakah lo suka dengan tahi kucing atau enggak. Atau kita ubah metaforanya. Idealisme sebagai duren yang baunya ga ilang biarpun tangan kita udah dibilas air. Senang enggaknya lo sama duren yang menentukan bau duren itu menyenangkan atau memuakkan. Idealisme juga gitu, tergantung selera kesukaan dan selera kepentingan.

Sepatu, bisa kita ganti. Bisa kita buang. Gampang kan? Kalo kondisinya lo ga punya uang atau ga ada yang jual sepatu dan lo harus pake sepatu itu tiap saat, apakah keadaannya jadi gampang. Kita berjalan pakai sepatu biar nyaman dan aman. Berarti sepatu sebagai sarana kenyamanan dan keamanan jalan kita. Kita tetap bisa berjalan tanpa sepatu karena sepatu bukan bagian dari tubuh kita.

Sepatu bagai pekerjaan kita. Coba sekarang ganti kata sepatu dengan pekerjaan, jalan sebagai kehidupan, dan tubuh dengan hidup.

Mau ganti sepatu yang bau tahi kucing atau mulai menyukai bau itu di sepatu, atau tidak pakai bau? Mungkin tidak bau merupakan bau tersendiri.

-limboto, 25/02/2010-

3 comments:

Raisa Kandou said...

jadi........ lo idealis ga lam?

ilam said...

hmm... belom nemu kasus yang bener2 menguji itu sa. lagipula kalopun iya/ngga, apakah akan gw bilang? hehehe
sa, cara nge-follow gimana si?

Raisa Kandou said...

hmm, iya juga. idealis ngga bilang ya, menunjukkan?
di navbar-nya lam, ada tulusan follow kan?