Sunday, December 19, 2010

Terima Kasih, Hari Ini Menyenangkan

Malam ini banyak arti.
Pertemuan lanjutan dari pertemuan awal sekitar 7 tahun lalu, 6 tahun lalu, dan 5 tahun lalu. Kenapa banyak tahun? Karena kami dari generasi yang sama, angkatan berbeda.

Dulu kami bukan apa-apa.
Sekarangpun bukan.

Tapi lihatlah banyak impian yang dulu cuma angan. Sekarang kesampaian.
Dan pencapaian saya termasuk paling payah. Apakah mimpi saya terlalu rendah?

Mimpi yang tinggi disertai keberanian bersikap, kemauan kuat, dan usaha yang hebat. Hey, sepertinya keberuntungan memberi kontribusi yang kecil dari pencapaian kalian. Sepertinya...

Mungkin kepalaku akan mengembang hingga pecah bila menapaki pencapaian kalian. Menjadi sombong. Atau menjadi makin bijaksana? Berlian mengkilap karena gesekan, dan bentuk ujian bisa juga melalui keberhasilan.

Debat kusir pagi tadi, jangan cuma jadi wacana. Kita buktikan saja siapa yang paling berguna. Bukan, bukan untuk mencari siapa mengungguli siapa. Diakhir nanti kita akan sadar. Persaingan kita memberi kebahagiaan, untuk diri sendiri dan orang lain. Itu kan intinya yang kita bicarakan? Itulah yang harus kita jawab.

Keberhasilan bangsa ini bukan dari orang-perorang, tapi dari keseluruhan yang digerakkan kelompok. Semoga kita termasuk kelompok itu, kelopok perubahan.

Sodara-sodari, kita punya segalanya.

No comments: